Senin, 10 September 2012

Tips untuk Mahasiswa Baru

seperti yg saya alami sekarang ini,,, jadi Mahasiswa Baru itu gampang-gampang susah kok... berikut ini beberapa tips utuk mahasiswa baru semoga bermanfaat....

1. Siapkan Mental
Mental itu perlu lho, karena dengan menjadi mahasiswa kita memasuki dunia yang baru, lingkungan baru, orang-orang baru, dan banyak lagi. Apalagi kalau kita adalah mahasiswa perantauan yang berasal dari luar kota atau bahkan luar provinsi. Mental itu perlu agar kita bisa survive dalam proses adaptasi dengan hal-hal baru. Jadi, siapkan mulai sekarang.

2. Cari Teman Sebanyak Mungkin
Oke, gak semua orang jago dalam urusan ini. Orang dengan tipe ekstrovert dan terbuka biasanya bisa cepat mengumpulkan teman karena dasarnya mereka lebih membuka diri pada lingkungan. Beda dengan orang tertutup atau pemalu yang cenderung menyendiri dan pasif. Caranya ya, mulailah merubah diri untuk bisa lebih bersosialisasi dengan orang sekitar. Dengan punya banyak teman, resiko stress atau tertekan bisa dihindari karena kita punya teman untuk berbagi. Selain itu, teman juga bisa memberikan informasi yang baru bagi kita.

3. Hati-hati Dalam Bergaul
Penting nih kalau bergaul harus hati-hati. Pengaruh teman dan lingkungan yang baru itu bisa besar dampaknya buat kita. Kita yang awalnya gak merokok bisa jadi merokok gara-gara pengaruh lingkungan. Wajar sih, toh kita sebagai orang baru biasanya lebih suka untuk melakukan hal-hal baru yang membuat kita penasaran. Tapi bahayanya, kalau kita tidak bisa memilah mana yang baik dan mana yang gak bisa-bisa malah salah pergaulan. Jadi gak semua ajakan temen itu baik, dan gak semua ajakan temen itu jelek. Kita harus punya prinsip untuk memilah mana yang baik dan mana yang jelek. ingat PETUAH ORANG TUA

4. Pembelajaran di bangku kuliah tidak sama dengan SMA
Kuliah itu menuntut kemandirian dengan porsi yang lebih banyak bahkan hampir dari segala aspek pembelajaran. Kita tidak bisa terus-terusan bergantung pada dosen untuk bisa menguasai mata kuliah tertentu. Kalo hanya bergantung pada dosen, siap-siap kita tidak akan pernah maju. ILMU itu harus DICARI, bukan menunggu untuk disuapi. Kadangkala kita lebih banyak mendapatkan ilmu melalui diskusi-diskusi,eksperimen, dan pengalaman-pengalaman di luar kelas. Walaupun begitu, jangan remehkan tugas-tugas atau materi dari dosen. Biasanya dosen ogah ngasih toleransi kalo kita ngerjain asal-asalan, apalagi kalo sampe gak ngerjain. Bisa-bisa gak lulus dan ngulang di tahun berikutnya.

5. Bergabunglah di organisasi atau komunitas
organisasi atau komunitas itu jelas menambah soft skill kita. Soft skill itu penting loh seperti keahlian berbicara, bersosialisasi, kepemimpinan, dan banyak lagi hal yang tidak didapatkan di dalam kelas. Jadi gak ada salahnya kok ikut organisasi atau komunitas tapi harus bisa bagi waktu dengan kuliah agar bisa jalan seimbang. Karena kenyataanya, kadangkala berat sebelah antara organisasi dengan kuliah yang ujung-ujungnya kuliah dikorbanin untuk kepentingan organisasi.

6. Rencanakan studi dengan baik
Kuliah setara S1 normalnya itu 4 tahun, bahkan bisa cuma 3,5 tahun lho. Dengan merencanakan studi 3,5 tahun itu jelas butuh kerja ekstra dan butuh pengorbanan, jadi kalo misalkan kita ngerasa gak kuat ya gak usah dipaksain hehe. Jadi sediakan daftar mata kuliah yang dipasarkan di jurusan kalian, lalu susunlah rencana pembelajaran tiap semesternya hingga akhir masa perkuliahan. Ada baiknya minta bimbingan kepada dosen pembimbing biar gak salah jalur. Dengan begitu kita memiliki target yang jelas baik tiap semesternya atau pada masa akhir kuliah menuju wisuda.

7. nikmati masa kuliah
Kalau masa SMA adalah masa paling indah, trus masa kuliah masa yang kayak gimana?  Kalo jurusan yang dimasuki itu udah pas dan sesuai dengan keinginan, bakat, dan minat, menikmati masa kuliah bukan halangan karena ikhlas dari hati. Tapi lain cerita kalo salah jurusan, ikut-ikutan, atau hasil paksaan pihak tertentu. Kuliah isinya stress mulu, akibatnya kuliah berpotensi molor dan hanya buang-buang waktu dan biaya. Kalo udah gitu, paksa untuk menemukan esensi “enjoy’ yang hilang, atau kalo g kuat ya pindah jurusan adalah salah satu solusi (kalo bisa sih jangan  ). Biar gak stress, salurkan hobi melalui komunitas dan perbanyak teman untuk saling berbagi beban.

berikut tadi tips2 buat mahasiswa baru semoga bermanfaat dan dalam di aplikasikan pada kehidupan kita!!! ^_^
jangan lupa comment yahh... :) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar